Tanda Awal Penyakit Osteoporosis

Tanda Awal Penyakit Osteoporosis – Osteoporosis atau lebih di kenal silent disease dalam dunia kedokteran karena kehilangan tulang yang terjadi tanpa gejala. Orang mungkin tidak mengetahui bahwa mereka telah terjadi sampai tulang mereka menjadi begitu lemah. Jatuh juga dapat menyebabkan patah tulang pinggul atau tulang belakang runtuh.

Osteoporosis yang paling di kenal oleh masyarakat umum  sebagai penyakit tulang keropos. Penyakit tulang keropos adalah kelainan pada tulang yang ditandai dengan menurunnya massa tulang sehingga menyebabkan tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Penyakit Osteoporosis menyerang secara diam-diam dan dengan gejala yang minimal. Bahaya osteoporosis yang paling mengancam adalah patah tulang yang sering terjadi pada tulang belakang, tulang panggul dan tulang pergelangan tangan.

Tanda Awal Penyakit  Osteoporosis

Tanda Awal Penyakit Osteoporosis

Waspadailah jika anda sudah merasakan gejala-gejala seperti adanya perubahan susunan tulang, tulang akan mudah patah apabila terjadi benturan atau patah tulang spontan, tinggi badan berkurang dan kelainan bentuk tulang belakang ( biasanya bengkok ). Gaya hidup sehat merupakan cara untuk mencegah osteoporosis dengan cara menghentikan merokok, emmbatasi pemasukan minuman yang berkafein dan beralkohol, mengkonsumsi diet yang seimbang dengan kalsium dan vitamin D yang cukup, dan juga melakukan olahraga secara teratur.

Olahraga yang dapat dilakukan oleh penderita penyakit osteoporosis adalah dengan  latihan keseimbangan tubuh dan kelincahan, latihan ekstensi punggung yang dilakukan dengan melengkungkan punggung dalam derajat yang cukup aman, jalan kaki secara teratur dan juga dengan melatih kekuatan otot seperti dengan mengangkat beban dengan menggunakan dumbbell kecil.

Olahraga yang tidak boleh di lakukan oleh penderita penyakit osteoporosis adalah olahraga berat yang dilakukan secara berlebihan, olahraga yang mudah menyebabkan jatuh seperti trampoline, latihan yang menggerakkan tungkai ke arah samping atau dengan menyilangkan badan  dengan menggunakan beban, melompat dan olahraga yang banyak disertai benturan.

Siapa Yang Memiliki Resiko Terkena Osteoporosis?

  • Orang yang sudah berusia di atas 55 tahun
  • Wanita yang terutama setelah mengalami menopause
  • Gaya hidup yang kurang aktif
  • Memiliki riwayat osteoporosis
  • Gangguan keseimbangan hormonal  (menopause dini atau telah melakukan pengangkatan indung telur)
  • Perokok
  • Orang yang sering mengkonsumsi minuman yang beralkohol dan yang mengandung kafein
  • Diet rendah kalsium
  • Konsumsi obat jangka panjang
  • Diet tinggi serat dan diet tinggi fosfat
Tanda Awal Penyakit  Osteoporosis

Tanda Awal Penyakit Osteoporosis

Tanda Awal Penyakit Osteoporosis dan Gejalanya

Tanda awal penyakit osteoporosis terjadi secara bertahap yang terjadi dalam jangka waktu beberapa tahun kemudian yang diiringi dengan gejala penyakit osteoporosis yang jelas. Dan biasanya kondisi seperti ini baru bisa terdeteksi jika orang tersebut mengalami keretakan tulang. Dengan penyakit osteoporosis, maka secara otomatis tulang manusia  menjadi keropos sehingga rentan untuk retak yang di akibatkan dari kepadatan tulang yang berkurang.

Tanda awal penyakit osteoporosis adalah pengeroposan tulang, dan jika saat ini anda sedang mengidap penyakit osteoporosis ini apabila terjatuh atau terbentur dari posisi berdiri ataupun duduk, maka tulang anda dapat berisiko untuk retak. Selain itu, penyakit osteoporosis umumnya tidak memberikan rasa sakit terkecuali jika sudah terjadi keretakan tulang.

Gejala osteoporosis yang paling sering di temukan yaitu dengan sakit punggung yang berkelanjutan dan dalam jangka waktu yang lama, kondisi seperti ini bisa saja akan mempengaruhi pernapasan yang di akibatkan dari terbatasnya ruang untuk paru-paru mengembang. Gejala penyakit osteoporosis yang dapat anda kenali dengan jelas adalah perubahan postur punggung yang menjadi bungkuk dan ini biasanya dapat anda lihat pada orang berusia lanjut. Postur punggung yang bungkuk di akibatkan karena terjadinya pengeroposan tulang belakang sehingga akan membuat tulang punggung mengalami kesulitan untuk dapat menahan berat badan.

Tanda Awal Penyakit  Osteoporosis

Tanda Awal Penyakit Osteoporosis

Cedera osteoporosis yang paling umum dialami oleh penderita penyakit ini adalah dengan terjadinya keretakan pada tulang punggung, tulang pangkal paha, dan pergelangan tangan. Keretakan yang terjadi pada lansia bisa menjadi masalah yang serius, namun tergantung terdapat di bagian tubuh mana yang mengalami keretakan tersebut.

Contohnya terjadi keretakan tulang pada bagian pangkal paha, kebebasan untuk dapat bergerak bebas akan terhambat dan bahkan dapat berujung pada kelumpuhan permanen. Dalam kasus penyakit osteoporosis yang kronis atau parah, bahkan bersin ringan atau batuk juga bisa saja menyebabkan keretakan pada bagian tulang rusuk atau salah satu bagian dari tulang belakang.

Penyakit Kelenjar Pemicu penyakit Osteoporosis

Ada banyak hormon yang mempengaruhi proses regenarasi tulang, maka jika kebetulan anda memiliki penyakit kelenjar pneghasil hormo kemungkinan besar anda memiliki resiko mengalami penyakit osteoporosis. Berikut ini beberapa jenis penyakit kelenjar yang dapat memicu osteoporosis, antara lain :

  1. Gangguang kelenjar pituitari
  2. Kelenjar paratiroid yang terlalu aktif
  3. Gangguan kelenjar adrenal contohnya sindrom Cushing
  4. Kelenjar tiroid yang terlalu aktif
  5. Berkurangnya kadar hormon seks (estrogen dan testosteron)

Itulan penjelasan tentang tanda awal penyakit osteoporosis yang sangat penting untuk diketahui oleh semua orang, terutama kaum muda sehingga dapat melakukan pencegah sedini mungkin untuk menghindari penyakit osteoporosis di masa yang akan datang, dan bagi penderita penyakit ini agar rajin melakukan olahraga ringan dan perhatikan setiap gerakan yang akan dilakukan agar tidak terjadi keretakan tulang yang lebih parah.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Osteoporosis Untuk Mencegah dan Mengatasi Penyakit Osteoporosis (Kerapuhan Tulang), Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Osteoporosis and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *