Penyakit Osteoporosis

Penyakit Osteoporosis – Suatu kondisi tulang rapuh di kenal dengan penyakit osteoporoisis. Penyakit osteoporisis sering terjadi pada seseorang yang sudah tua karena keadaan tulang nya sudah tidak baik, yang akan mudah terlihat dengan postur tubuh yang berubah menjadi lebih bungkuk. Jika bungkuk maka akan terjadi karena tulang yang mengalami osteoporosis adalah tulang punggung. Tetapi tidak hanya tulang punggung saja, tetapi bagian tulang yang lain juga bisa terkena osteoporosis. Karena fungsi tulang sangat penting untuk membantu tubuh untuk dapat berdiri dengan tegak, dan jika mengalami masalah atau gangguan kekeroposan tulang maka akan sangat mempengaruhi berdiri nya tubuh.

tulang keropos akibat osteoporosis

tulang keropos akibat osteoporosis

Penyebab Penyakit Osteoporosis

Penyakit osteoporosis akan mempengaruhi kekuatan tulang, dan karena tulang di ciptakan untuk menopang dengan kondisi tulang yang sehat, dan bisa mengalami kerusakan karena ada penyebab yang mendukung nya. penyebab osteoporosis antara lain adalah :

  • Rokok

Rokok memang sumber masalah dan sumber penyakit untuk tubuh. karena rokok juga bisa membuat keadaan tulang menjadi rapuh atau mudah keropos dan menyebabkan penyakit paru paru. Sehingga perokok aktif beresiko besar untuk terkena penyakit osteoporosis jika tidak segara menghentikan nya.

  • Minuman alkohol

Tubuh memiliki batas toleransi untuk menerima asupan alkohol, tetapi akan lebih baik nya jika tidak mengkonsumsi alkohol. Karena alkohol juga bisa membuat keadaan tulang menjadi keropos. Minum alkohol dengan alasan apapun tidak baik untuk kesehatan tubuh dan juga dapat memicu penyakit liver.

  • Olahraga

Melakukan olahraga akan membantu untuk melenturkan tubuh dan juga tulang. Seseorang yang rajin melakukan olahraga tidak akan mudah untuk merasakan penyakit tulang atau penyakit persendian. Tetapi jika sudah mengkonsumsi alkohol, merokok dan juga tidak melakukan olahraga dengan baik maka untuk terkena penyakit osteoporosis akan besar kemungkinan nya untuk terjadi.

  • Kurang kalsium

Untuk menguatkan tulang maka di perlukan kalsium. Kalsium bisa di dapatkan dari susu. Jika seseorang yang tidak menyukai susu sehingga jarang atau tidak pernah mengkonsumsi susu maka kemungkinan besar untuk terkena penyakit osteoporosis.

  • Kurang vitamin D

Kurang nya vitamin d juga tidak baik untuk kesehatan tulang, dan jika kurang mengkonsumsi makanan yang menganduh vitamin d maka bisa mengganti nya dengan menyinari tubuh dengan sinar matahari pagi yang menyehatkan. Tetapi jika kedua nya jarang untuk di lakukan maka akan mudah untuk membuat keadaan tulang menjadi tidak kuat atau keropos.

  • Umur

Umur yang tua juga bisa dengan mudah untuk menderita penyakit osteoporosis. Terlebih jika masa mudah nya kurang melakukan aktifitas olahraga dan juga kurang kalsium untuk tulang, sehingga banyak orang tua yang mengalami postur tubuh yang bungkuk akibat terserang osteoporosis.

Gejala Penyakit Osteoporosis

Gejala yang akan di timbulkan akibat penyakit osteoporis adalah sebagai berikut :

  • nyeri punggung

nyeri punggung yang di rasakan bukan hanya karena sering mengangkat beban berat di punggung seperti tas atau karena nyeri sendi. Tetapi bisa menjadi sebuah tanda jika tulang mengalami ke keroposan sehingga reaksi tubuh akan merasakan sakit di bagian punggung. Tergantung juga pada bagian tubuh yang mana yang tulang nya mengalami keropos.

  • Berkurang tinggi badan

Tinggi badan yang mengalami perubahan lebih tinggi akan lebih baik, tetapi jika tinggi badan menjadi berkurang harus di pertanyakan. Kemungkinan untuk berkurang nya tinggi badan akan terjadi pada seseorang penderita penyakit osteoporosis.

  • Kemiringan bahu

Bahu yang awal nya tegak dan sejajar menjadi tidak sejajar karena miring juga di sebabkan karena tulang yang keropos. Pengeroposan tulang yang menyebabkan kemiringan bahu dapat di lihat dengan mudah ketika bercermin atau ketika menggunakan tas ransel.

  • Bungkuk

Karena tulang yang keropos dapat melengkung sehingga akan terlihat dengan postur tubuh yang membungkuk. Bungkuk nya badan dapat di lihat dengan mudah jika berdiri tegak atau sedang berjalan.

  • Perut menonjol

Keadaan perut yang menonjol juga akan dialami ketika penyakit osteoporosis terjadi. Karena di perut yang menonjol di sebabkan karena tulang belakang mengalami kebengkokan.

Mencegah Penyakit Osteoporosis

Karena keadaan tulang dapat dengan mudah untuk rapuh maka dari itu untuk seseorang yang masih muda dan juga sehat bisa mencegah nya dengan melakukan beberapa cara seperti ini :

  • Cukup kalsium

Cukupi asupan kalsium untuk tubuh yang bisa di dapatkan pada susu. Untuk mengkonsumsi susu bisa satu hingga dua kali dalam sehari. Sehingga kepadatan tulang tidak akan berkurang yang diakibatkan dari asupan kalsium yang kurang untuk tubuh.

  • Mendapatkan vitamin D

Selain kalsium vitamin d juga penting untuk di dapatkan, dan untuk mendapatkan vitamin d bisa di bantu dengan mengkonsumsi banyak ikan laut, seperti salmon, udang, dan telur juga bisa menambahkan vitamin d untuk tubuh. selain makanan bisa mendapatkan sumber vitamin d pada sinar matahari pagi yang akan menyehatkan tulang.

  • Gerak aktif

Gerak dengan aktif akan membantu juga untuk mencegah penyakit osteoporosis, gerakan aktif bisa dengan berjalan kaki atau melakukan olahraga lain nya. sehingga tidak menetap di tempat tidur dengan bermalas malasan. Kurang gerak selain akan membuat osteoporosis juga akan menyebabkan pembakaran yang kurang sehingga mengalami penumpukan lemak yang bisa menjadi faktor kegemukan.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Osteoporosis Untuk Mencegah dan Mengatasi Penyakit Osteoporosis (Kerapuhan Tulang), Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Osteoporosis and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *