Osteoporosis

Osteoporosis – Tulang terdiri dari mineral dalam hal ini kalsium memegang persentase terbanyak, diikuti magnesium dan phosporus. Disamping itu juga ada komposisi lain seperti air dan jaringan ikat sehingga tulang menjadi keras dan padat. Ikut berperan pula beberapa hormon dalam tubuh seperti parathyroid, kalsitonin, dan estrogen serta vitamin D.

Osteoporosis

Osteoporosis

Penyakit Osteoporosis

Proses pembentukan tulang sudah dimulai sejak kita masih didalam kandungan ibu kita. Pada janin berusia 3-4 minggu, sel-sel untuk cikal bakal pembentukan tulang sudah mulai terbentuk. Proses pembentukan tulang atau bone remodelling cycle berlangsung seumur hidup kita. Hanya saja semakin bertambah umur kita tentunya kemampuan tubuh kita semakin menurun, jadi sebaiknya waktu yang tepat untuk mulai menabung kalsium ke dalam tulang sehingga terhindar dari penyakit osteoporosis adalah sedini mungkin bahkan sejak kita masih dalam kandungan sampai sebelum usia 35 tahun.

Dengan terapi dan pola hidup yang baik dan benar, tingkat keparahan penyakit tersebut dapat berkurang serta tidak tertutup kemungkinan akan kembali normal lagi (sembuh bila masih dalam taraf Ostopenia ataupun Osteoporosis awal).

Hal ini dapat terjadi bila seseorang menderita penyakit osteoporosis. Osteoporosis adalah tulang mudah patah (bahkan dengan hanya berpelukan atau berjabat tangan saja), tubuh dapat membungkuk bongkok sampai pada cacat seumur hidup. Celakanya adalah bahwa penyakit osteoporosis terkenal dengan gejalanya yang hampir tidak terdeteksi di awal (silent disease thief in the night) sehingga jika seseorang terdeteksi menderita penyakit ini biasanya stadiumnya sudah tinggi.

Ditambah pula oleh kenyataan bahwa perokok di Indonesia menempati peringkat nomor 2 di dunia. Rokok merupakan salah satu faktor penyebab penyakit osteoporosis disamping obat-obatan, genetik, alkohol, kopi, dll. Disamping kurangnya asupan yang mengandung kalsium dalam menu makan kita sehari-hari. Tidak ada kata terlambat untuk memulai hidup sehat, jadi mulailah mengonsumsi kalsium secara rutin sesuai dengan anjuran dan kebutuhan untuk membentuk tulang yang kuat dan sehat sepanjang hidup kita.

Cara Mencegah Penyakit Osteoporosis

Dibawah ini adalah tips mencegah osteoporosis :

  1. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang kaya serat, rendah lemak dan tinggi kalsium.
  2. Konsumsi kalsium yang dianjurkan adalah 1000-1500 mg/ hari dan 400-800 IU/ hari untuk vitamin D. Sumber makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D adalah susu, kedelai, ikan laut, jus jeruk, brokoli, kuning telur, yoghurt, dan sayuran berwarna hijau.
  3. Kurangi makanan yang banyak mengandung sodium, garam, daging merah, dan makanan yang diasinkan. Karena makanan tersebut bisa mengakibatkan penyakit osteoporosis dan penyakit jantung.
  4. Rajinlah berolahraga sepert jalan kaki, jogging, bersepeda atau aerobik.
  5. Hindari minum kopi secara berlebihan karena dapat mengeluarkan kalsium. Softdrink/minuman ringan dapat menghambat penyerapan kalsium.
  6. Hindari minuman beralkohol dan rokok karena dapat menyerap cadangan kalsium di dalam tubuh

Pencegahan penyakit osteoporosis yang bisa dilakukan adalah

  1. Melakukan latihan fisik yang bisa membantu membentuk massa tulang dengan cara mengangkat beban secara rutin. Hal ini bisa dilakukan paling tidak 3 kali dalam seminggu, namun cara mencegah penyakit osteoporosis yang paling penting adalah latihan yang tidak akan membuat tulang mengalami cedera yang bisa membuat tulang menjadi lemah. Untuk pasien yang memang belum pernah melakukan layihan beban atau juga sedang mengalami masalah gangguan kesehatan, maka sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda.
  2. Diet sehat dengan mengonsumsi asupan kalsium yang baik, mencukupi kebutuhan vitamin D serta kandungan fosfor yang baik lewat makanan dan juga lewat suplemen. Orang dewasa yang usianya berada dibawah 50 tahun dan memerlukan asupan sekitar 1.000 mg kalsium dalam setiap harinya. Sedangkan orang dewasa yang usianya berada diatas 50 tahun membutuhkan asupan kalsium yang jumlahnya lebih dari 1.200 mg dalam setiap harinya.

Mengapa vitamin D sangat dibutuhkan oleh tubuh? Karena vitamin D bisa berperan aktif dalam menyerap kalsium di dalam tubuh. Vitamin D yang didapatkan dari kulit dan juga dari paparan sinar matahari atua juga bisa didapatkan dari makanan. Orang dewasa yang usianya berada di bawah 50 tahun juga membutuhkan sekitar 400-800 IU vitamin D untuk setiap harinya dan sementara orang dewasa yang usianya diatas 50 tahun membutuhkan sekitar 800-1000 IU dalam setiap harinya. Jika Anda mendapatkan kesulitan dalam mendapatkan asupan kalsium dan juga vitamin D yang cukup yang sangat dibutuhkan atau diperlukan dari dalam makanan, maka Anda bisa mendapatkannya dari dalam suplemen.

Obat Osteoporosis

Hingga saat ini masih belum ada obat osteoporosis yang bisa membantu menyembuhkan penyakit osteoporosis secara tuntas, namun perawatan yang tersedia bisa membantu dalam mencegah terjadinya pengeroposan tulang dan mencegah terjadinya fraktur tulang serta dengan manfaat dalam meningkatkan kekuatan tulang di dalam tubuh. Hal ini bisa membantu mengurangi resiko pada patah tulang dengan lebih signifikan lagi. Mengonsumsi obat, melakukan olaharaga secara teratur dan juga mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, semuanya bisa berperan penting dalam proses pengobatan osteoporosis.

Saat ini untuk sebagian besar jenis obat osteoporosis atau pengapuran tulang yang digunakan dan disetujui sebagai salah satu bahan antiresoptif karena bisa membantu menghentikan terjadinya resorpsi atau penipisan dan juga pengeroposan pada mineral tulang yang ada di dalam tulang. Obat yang bisa membantu merangsang terjadinya proses pembentukan tulang juga disediakan dalam membantu memutuskan pengobatan yang paling baik untuk Anda.

Osteoporosis


=====================================

>>> Kapsul Herbal Osteoporosis Untuk Mencegah dan Mengatasi Penyakit Osteoporosis (Kerapuhan Tulang), Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Osteoporosis and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *