Gejala Osteoporosis Pada Wanita

Gejala Osteoporosis Pada wanita  – Penyakit Osteoporosis atau yang lebih dikenal dengan istilah pengeroposan tulang, merupakan salah satu masalah kesehatan yang disebabkan berkurangnya produksi hormon estrogen. Jika tidak secara dini diantisipasi, maka setelah 5 sampai dengan 10 tahun masa menopause banyak wanita akan mengalami pengeroposan tulang.

Gejala Osteoporosis Pada Wanita

Gejala Osteoporosis Pada Wanita

Penyakit Osteoporosis

Secara ilmiah penyakit osteoporosis adalah penyakit rapuh tulang yang ditandai dengan hilangnya kepadatan tulang sehingga tulang mudah patah serta tidak tahan dengan benturan ringan. Sebenarnya penyakit osteoporosis tidak hanya menimpa kaum wanita saja, pria pun dapat mengalami penyusutan kepadatan tulang setelah mencapai usia tua. Akan tetapi wanita mempunyai peluang lebih besar dibanding pria, karena penyusutan tulang sangat banyak dipengaruhi oleh hormon estrogen.

Proses menuju menopause terjadi ketika fungsi indung telur mengalami penurunan dalam memproduksi hormon. Pada saat mulai terjadi penurunan fungsi ini gejala-gejala menopause mungkin muai terasa meskipun menstruasi tetap datang. Saat mulaui nampak ada perubahan pada haid,misalnya menjadi lebih singkat atau lebih memanjang, atau banyaknya darah haid yang keluar tidak konsisten lagi dari bulan ke bulan.

Penyakit Osteoporosis pada Wanita

Pada saat ini sebaiknya wanita lebih banyak mengonsumsi vitamin-vitamin dan zat kapur (kalsium) sebagai suplemen (tambahan) dan penyangga karena penurunan produksi hormon estrogen akan diikuti dengan meningkatnya kalsium yang terbuang dari tubuh seorang perempuan. Banyak wanita setelah menopause akan mengalami kerapuhan tulang. Hal ini disebabkan oleh faktor keturunan dan kekurangan salah satu zat gizi terutama kalsium yang berfungsi sebagai pembentuk tulang.

Asupan kalsium dan vitamin D sangat penting untuk membentuk puncak massa tulang yang optimal pada usia muda, dan mencegah Gejala Osteoporosis Pada wanita  di kemudian hari. Paparan sinar matahari selama 10 menit setiap hari dapat menstimulus vitamin D menjadi bentuk aktif yang dapat membantu memineralisasi tulang.

Kalsium merupakan mineral terpeting untuk membentuk tulang, sedangkan vitamin D penting untuk membantu penyerapan kalsium di dalam tulang, batas kafein kopi dan teh serta garam. Berhati-hatilah terhadap obat steroid, diuretik, atau antikonvulsan. Para lanjut usia sebaiknya meningkatkan konsumsi kalsium.

Sumber kalsium adalah roti, buah, sayur, daging, ikan, telur, susu, keju, dan yoghurt. Pengetahuan tentang nutrisi bagi masyarakat ternyata sangat penting. Banyak produk yang ditawarkan kepada konsumen dan meningkatkan kepada kita bahwa kebutuhan kalsium tubuh rata-rata perhari adalah 1000-1200 mg. Padahal jika kebutuhan tubuh akan kalsium telah terpenuhi dari makanan , maka buat apa mengonsumsi kalsium tambahan lagi. Toh akhirnya kelebihan kalsium tersebut akan dibuang percuma. Proses pembuangan kelebihan kalsium tersebut akan membebani ginjal untuk bekerja lebih keras yang tentu saja bisa mngekibatkan gangguan pada fungsi ginjal.

Untuk mengatasi gangguan Gejala Osteoporosis Pada wanita pada usia lanjut, dapat dicoba dengan mengonsumsi susu segar 200 ml dicampur dengan lada 10 butir, rimpang jahe merah 5 ruas, dan kayu manis 10 gr. Susu segar direbus hingga mendidih. Setelah mendidih masukan lada, jahe merah dan kayu manis, lalu aduk hingga mendidih sekali lagi. Setelah dingin minum sekaligus, sehari sekali. Bila harga susu melambung tinggi, ada alternatif mencegah Gejala Osteoporosis Pada wanita tanpa harus membeli susu berkalsium yang harganya mungkin sudah tidak terjangkau. Salah satu caranya adalah mengonsumsi tempe. Selain lebih murah juga lebih mudah untuk mendapatkannya.

Mengonsumsi tempe secara teratur dapat mencegah  penyakit osteoporosis. Hal itu disebabkan tingginya kandungan kalsium yang terdapat dalam tempe. Mengonsumsi sayuran hijau dan ikan juga sangat dianjurkan, terutama ikan laut.
Lebih baik lagi ikan teri karena dikonsumsi dengan tulangnya.

Cara Mencegah Osteoporosis

Hal lain yang harus dilakukan untuk mencegah penyakit osteoporosis adalah :

  1. Sebaiknya jangan mengabaikan jika Anda mengalami nyeri tulangPenyakit osteoporos disebabkan karena penurunan pada massa tulang. Hal ini akan membuat tulang dengan lebih mudah hancur atau mengalami pengeroposan. Hal ini biasanya akan membuat nyeri tulang yang terjadi disekitar tubuh dan juga kelainan bentuk pada tulang. Oleh seba itulah, jika Anda merasakan ada sesuatu hal yang aneh pada tulang dibagian tubuh Anda misalnya adalah seperti rasa nyeri, maka sebaiknya mengunjungi dokter.
  2. Jangan lakukan cara diet cepat dengan terlalu ekstrim
    Cara menurunkan berat badan yang dilakukan dengan diet ekstrim adalah salah satu hal yang paling buruk yang Anda lakukan. Mengapa demikian? Karena diet ekstrim akan memberikan resiko besar bagi tubuh dalam mengalami kehilangan nutrisi yang sangat penting untuk tubuh kita, dan salah satunya adalah kalsium.
  3. Olahraga secara teratur
    Melakukan olahraga secara teratur atau dilakukan secara rutin akan membantu menjaga kesehatan tulang Anda secara alami. Ibaratnya adalah pisau yang tidak pernah diasah pasti lama kelamaan akan menjadi tumpul. Dan hal ini juga akan berlaku untuk kesehatan tulang Anda.
  4. Mengonsumsi suplemen kalsium selema masa setelah menopase
    Setelah Anda mengalami masa menipause, maka hormon estrogen dalam tubuh Anda akan mengalami penurunan sebagian besar jumlahnya. Oleh karena itulah, untuk wanita sebaiknya minumlah suplemen kalsium dengan segera setelah mengalami menstruasi berhenti.
  5. Memenuhi kebutuhan vitamin D
    Tanpa kandungan vitamin D didalam tubuh Anda maka tidak akan bisa membantu untuk memproses kalsium. Oleh sebab itulah, penuhi kebutuhan asupan vitamin D setiap hari.

Gejala Osteoporosis Pada wanita


=====================================

>>> Kapsul Herbal Osteoporosis Untuk Mencegah dan Mengatasi Penyakit Osteoporosis (Kerapuhan Tulang), Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Osteoporosis and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.