Cara Mencegah Osteoporosis Sejak Dini

Cara Mencegah Osteoporosis Sejak Dini – Hilangnya hormon estrogen setelah menopause meningkatkan kemungkinan terkena osteoporosis, gangguan yang menyebabkan tulang menjadi keropos dan rapuh. Cara paling tepat mengatasinya adalah memaksimalkan kepadatan tulang saat masih muda.

Penyakit Osteoporosis

Umumnya orang mulai mengalami kerapuhan dan kelemahan tulang pada usia 30 sampai 35. Idealnya pencegahan osteoporosis sebaiknya dimulai sejak anak-anak.Tetapi tidak masalah berapapun usia anda kini, anda masih dapat membuat pilihan makanan dan gaya hidup berbeda untuk menjaga tulang tetap kuat.

Cara Mencegah Osteoporosis Sejak Dini

Cara Mencegah Osteoporosis Sejak Dini

Orang dewasa perlu makan makanan yang kaya kalsium untuk mencegah osteoporosis. Makanan yang kaya kalsium adalah susu, yoghurt, keju, ikan salmon, dan brokoli. Satu gelas susu mengandung sekitar 300 mg kalsium.

Kalau anda beresiko terkena osteoporosis, dokter akan memberikan tablet kalsium. Namun kalsium bisa berbahaya  pada kondisi tertentu. Karena itu tanyakan pada dokter sebelum minum suplemen kalsium dosis tinggi. Suplemen kalsium dianjurkan bagi mereka yang tidak kuat dengan laktosa dan bagi mereka yang tidak rutin menginsumsi tiga atau lebih makanan yang mengandung kalsium sehari-hari yang dibutuhkan untuk membantu menyimpan kalsium dalam tulang. Kebutuhan ini dapat tercukupi dari minum susu. Vitamin D yang murah dan gratis adalah sinar matahari, karena tubuh membuat vitamin D ketika sinar ultraviolet menyentuh kulit. Rajin berjalan kaki, berdansa, senam, atau joging.

Penyakit Osteoporosis Pada Wanita

Penyakit osteoporosis kebanyakan menyerang wanita yang mengalami menopause. Menopause Wanita biasanya akan terjadi pada wanita menjelang usia 40-50 tahun. Dan hal ini secara dramatis akan menyebabkan terjadinya proses pengeroposan tulang. Hal itulah yang pada akhirnya menyebabkan penyakit osteoporosis pada wanita angkanya lebih tinggi dibandingkan oleh pria. Penyakit osteoporosis pada wanita yang terjadi disaat tubuh mengalami kehilangan massa tulang lebih cepat dibandingkan dari proses pembentukan tulang yang baru. Dan seiring dengan waktu berjalan, ketidakseimbangan yang terjadi antara kerusakan pada tulang dan pembentukan tulang baru akan mengakibatkan massa tulang menjadi semakin berkurang, sehingga patah tulang akan lebih mudah terjadi.

Sekitar 40 peresn wanita dan sekitar 25 persen pria yang usianya berada diatas 50 tahun mengalami patah tulang yang diakibatkan oleh penyakit osteoporosis pada lansia di sisa hidup mereka. Dan sekitar lebih dari 2 juga fraktur atau masalah patah tulang yang terjadi pada negara Amerika Serikat dalam setiap tahunnya dan penyakit osteoporosis ini bsia mengakibatkan terjadinya gangguan kesehatan dengan lebih serius lagi.

Mereka yang mengalami penyakit osteoporosis membutuhkan latihan dan mendapatkan asupan kalsium serta vitamin D yang tinggi dalam membantu cara mencegah osteoporosis sejak dini agar bisa membantu menjaga kesehatan tulang supaya tetap kuat. Pada penderita penyakit osteoporosis kemungkinan juga diharuskan mengonsumsi obat dalam membantu menyembuhkan penyakit osteoporosis yang dialaminya.

Hormon di dalam tubuh juga berperan penting dalam terjadinya penyakit osteoporosis. Karena jumlah yang terlalu banyak atau juga jumlah yang terlalu sedikit hormonnya akan membuat tubuh berkontribusi dalam terjadinya penyakit osteoporosis. Khusus untuk wanita selama dan juga setelah mengalami menopause, baisanya ovarium akan memproduksi hormon estrogen jauh lebih sedikit. Dan hilangnya kadar hormon estrogen di dalam tubuh juga bisa terjadi akibat tindakan operasi dari pengangkat sel indung telur atau juga akaibat dari melakukan cara diet cepat dan olahraga yang berlebihan. Padahal hormon estrogen berperan aktif dalam membantu melindungi dan menjaga kesehatan tulang sebagai salah satu cara mencegah osteoporosis sejak dini. Pada pria yang memproduksi hormon testosteron yang jumlahnya kurang dan hormon estrogen yang diproduksi dengan jumlah kecil pada pria dengan seiring usia yang semakin bertambah.

Pada penurunan hormon yang terjadi ini akan mengakibatkan terjadinya massa tulang menjadi menurun dan bisa berujung pada terjadinya penyakit osteoporosis. Ketidakseimbangan pada hormon lainnya juga akan mengakibatkan terjadinya resiko penyakit osteoporosis misalnya adalah kelenjar tiroid yang bekerja terlalu aktif, penyakit diabetes, dan hiperprolaktinemia, dimana kelenjar hipofisisi akan memproduksi berlebihan hormon prolaktin.

Gangguan yang terjadi pada makan, terutama adalah untuk kasus gangugan anoreksia nervosa hal-hal yang seperti ini juga akan beresiko menyebabkan terjadinya penyakit osteoporosis. Pengeroposan tulang biasanya juga terjadi sebagian akibat dari gizi buruk, dan pada wanita disebabkan oleh karena fungsi dari ovarium yang mulai berhenti berfungsi secara normal dalam memperoduksi hormon estrogen dengan jumlah yang sedikit.

Cara Mencegah Osteoporosis

Cara mencegah osteoporosis sejak dini bukan hanya mengonsumsi kalsium saja. Namun juga mengonsumsi kalium. Kalium sitrat yang jumlahnya diseiimbangkan dengan suplemen atau vitamin D dan juga kalsium adalah salah satu jalan alternatif yang sangat baik dan murah, dan selain itu juga sangat baik dalam membantu meningkatkan kepadatan massa tulang dan membantu meningkatkan mikro-arsitektur dari tulang pada lansia yang sehat dengan jumlah massa tulang yang normal.

Banyak penelitian yang dilakukan juga menyimpulkan hal yang sama. Mereka menyimpulkan bahwa kalium sitrat bisa memberikan potensi baik dalam membantu meningkatkan kesehatan tulang manusia. Dan temuan yang sudah terbukti ini menunjukkan bahwa kalium sitrat bisa muncul dalam membantu menetralkan kelebihan dari asam yang ada di dalam tubuh serta membantu meningkatkan keseimbangan dari kalsium di dalam tubuh.

Itulah informasi mengenai penyakit osteoporosis dan cara mencegah osteoporosis pada lansia. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua.

Cara Mencegah Osteoporosis Sejak Dini


=====================================

>>> Kapsul Herbal Osteoporosis Untuk Mencegah dan Mengatasi Penyakit Osteoporosis (Kerapuhan Tulang), Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Osteoporosis and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *